Pengalaman Membangun Komunikasi Dengan Orang Lain

Membagun Komunikasi Dengan Orang Lain
            Komunikasi adalah proses penyampaian pemikiran atau informasi oleh seseorang kepada orang lain, sehingga menjadi sangat penting untuk dilakukan setiap individu agar dapat menjalani setiap aktifitasnya. Mengapa begitu? Karena setiap pribai manusia pastilah membutuhkan orang lain, sehingga dibutuhkannya cara penyampaian gagasan, keinginan dari satu orang ke yang lain, contoh ; seorang siswa yang kurang paham dengan materi yang diberikan guru, akan bertanya kepada guru dan meminta untuk menerangkan materi yang disampaikan sekali lagi agar dipahami.
Meski kemampuan dalam berkomunikasi sendiri tiap individu pastilah berbeda, hal tersebut merupakan hasil dari interaksi yang dilakukan sehingga membentuk pribadi masing-masing. Ada beberapa orang yang dengan mudah menyampaikan gagasannya di depan forum umum, ada orang yang dengan mudah bergaul dengan orang yang baru dikengal atau sebaliknya, orang yang harus melalui waktu yang lama untuk bisa terbiasa bergaul dengan orang yang baru dikenalnya. Saya pribadi, masuk di jajaran orang-orang (menurut saya banyak yang mengalami) yang sedikit membutuhkan waktu cukup lama agar dapat mengenal dan terbiasa dengan orang yang baru dikenal, hal tersebut mungkin bisa disebut kekurangan sehingga dari waktu ke waktu saya mencoba untuk memperbaikinya agar menjadi lebih baik.
             Ada beberapa pengalaman dalam hal membangun komunikasi dengan orang lain yang saya alami, terdapat hal positif maupun negatif pastinya. Waktu itu, sebagai tenaga pengajar (bisa dibilang guru magang) baru di salah satu institusi pendidikan swasta di daerah Medan setelah menyelesaikan studi setara SMA. Sebagai seorang yang baru di lingkungan yang baru, saya cukup canggung dengan keadaan sekitar berakibat sikap saya yang pendiam serta lebih banyak mendengarkan ketika diajak berbicara atau menjawab segala pentanyaan yang dilontarkan lawan bicara dengan sekenanya saja. Hal tersebut, memakan waktu cukup lama saya lalui sampai ahirnya berada dititik nyaman di lingkungan baru tersebut.

            Dalam melalui waktu kritis (bisa dibilang) antara jarak menuju waktu nyaman di lingkungan baru, saya belajar untuk mendekatkan diri dengan lingkungan serta individu-individu di dalamnya dengan berbagai perbedaan latarbelakang. Hal tersebut meliputi berbagai cara seperti mencoba lebih banyak saling mengenal dengan cara mengobrol hal ringan pada tiap orang yang baru dikenal, pada tiap kesempatan di suatu forum umum saya akan mencoba mendengarkan lebih banyak darisetiap pembicara sehingga semoga dapat mengenali tiap karakternya dari cara bicaranya di forum umum. Pada tiap kesempatan saya mencoba, meminta bantuan apabila dihadapkan kesulitan atau kurangnya pemahaman akan suatu hal kepada orang yang lebih paham. Dengan begitu selain saya teratasi kesulitan dan paham akan hal yang belum dipahami, saya akan lebih mengenal pribadi orang yang saya mintai bantuan dengan begitu semoga dapat mendekatkan antar pribadi saya dan orang tersebut. Mungkin setiap pribadi memiliki cara berbeda dalam membangun komunikasinya dengan orang lain, namun tujuan utama dari semua itu bagaimana dapat menciptakan kondisi dimana komunikasi antar individu dapat terjalin dengan baik tanpa adanya halangan ataupun jarak yang memisahkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISO 14000

Teori Konseling